MENGAMBAR FLARE DI INDESIGN
K. MENGGAMBAR
FLARE
Flare tool
digunakanuntukmemberiefekcahayaataubiasanyadengansebutannyalaapi.
Berikutadalahlangkahuntukmenggambar flare denganukuran default:
1. Klik
Flare Tool.
2. Tekan
alt kemudianklikpadalayarmakaakantampilobjek flare denganukuran default.
Gambar 2.47 Tampilanobjek flare.
Berikutadalahlangkah-langkahuntukmembuatobjek
flare dengancaraklikdangeser.
1. Klik
Flare Tool.
2. Klikdangeser
mouse padalayaruntukmenentukantangkaiawal, kemudianklikdangeser mouse
disisilainuntukmenetapkantangkaiakhir.
Sebelimmelepaskanklikmouse
,andadapatmenekantombolberikut:
Shift
digunakanuntukmengunciobjeksupayatidakberputar.
PanahAtasdigunakanuntukmenambahsinarataucahaya.
PanahBawahdigunakanuntukmengurangisinar.
Ctrl
digunakanuntukmenguncipusatnyalaapisupayaukurannyatidakberubah.
Lepaskanklik mouse
sehingaakantampilgambarberikut:
Gambar 2.48 Tampilanflaredariperintahdiatas.
Berikutadalahlangkah-langkahmenggambar
flare denganmelaluikotak dialog Flare Tool Options.
1. Klik
Flare Tool.
2. Klikpadalayaruntukmenentukantangkaiawaldariobjek
Flare hinggatampilkotak dialog Flare Tool Options.
Gambar 2.49 Kotak dialog Flare Tool Options.
3. Aturlahperintah-perintah
yang adadidalamkotak dialog Flare Tool Options kemudiankliktombol OK.
Center
• Diameter
digunakanuntukmenekanukuran diameter lingkaranpadatangkaiawal.
• Opacity
digunakanuntukmenentukantranparansilingkaranpadatangkaiawal.
• Brightness
digunakanuntukmenentukankecerahanpadalingkarantangkaiawal.
Halo
• Growhtdigunakanuntukmengaturukuranseluruhbagianobjek.
• Fuzzinesdigunakanuntukmengubahjumlahdanposisisinar
yang tampakpadaobjektersebut.
Rings:
• Path
digunakanuntukmenentukanjarakantaratangkaiawaldantangkaiakhir.
• Number
digunkanuntukmenentukanjumlahlingkaran yang berbentukciincin.
• Largest
digunakanuntukmenentukanbedarkecilnyalingkaran yang berbentukcincin.
• Direction
digunakanuntukmenentukanarahantaratangkaiawaldantangkaiakhir.
Rays:
• Number
digunakanuntukjumlahsinar.
• Longest
digunakanuntukmenentukanpanjangcahaya yang diaturlewatiperintah Number.
• Fuzzinesdigunakanuntukmengaturpanjangpendeknyasinar.
Nilai 0 berartipanjangsinarsamasemuanyadannilaiseratusberartipanjangsinaracak,
ada yang panjangdanada yang pendek.
Gambar 2.50 Hasilpembemtukan flare
dankotak dialog Flare Tool Options.
Komentar
Posting Komentar